BAGIKAN

Kita tentunya memiliki email lebih dari satu, entah itu GMail, Hotmail, Outlook, Yahoo dlsb. Berbagai alasan menjadi pilihan ketika kita memiliki akun email lebih dari satu, apa itu karena alasan yang dikhususkan untuk email media sosial saja (Facebook, Twitter, Path, Linkedin, dlsb) supaya tidak tercampur dengan email urusan pribadi, karena alasan email khusus untuk kantor, email khusus untuk keperluan penyimpanan (GMail dengan GoogleDrive, Microsoft dengan OneDrive / dulu SkyDrive) banyak sekali alasan orang memiliki akun lebih dari satu.

Dengan banyaknya akun, tentu permasalahan akan datang. Permasalahannya diantaranya adalah masalah password, anda mungkin bisa membuat beberapa akun email dengan satu password saja, tetapi ada beberapa email yang mengharuskan mengkombinasikan antara huruf besar dengan kecil, angka dengan huruf dan ini menjadi permasalahan tersendiri karena apa? daya ingat manusia itu terbatas, bisa jadi hari ini ingat tapi besoknya lupa lagi. Membuka beberapa akun dalam satu browser misalkan, ini juga akan menimbulkan tidak efektifnya waktu karena anda harus buka tab satu dengan buka tab yang lainnya.

Lalu bagaimana cara mengelola beberapa akun email tersebut? caranya adalah dengan menggabungkan satu akun email dengan yang lainnya, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas forwarding email. Tentukan 1 email master yang nantinya akan sering kita buka, dan untuk membuka email yang lainnya kita cukup membuka email master tersebut. Cukup efisien bukan?

Yuk, kita langsung saja mulai praktikum hari ini! 🙂

  1. Siapkan 1 Email master, yaitu email yang akan sering kita buka (saya asumsikan dan sarankan anda menggunakan GMail, karena pengalaman saya menggunakan beberapa email, GMail lah yang paling stabil dari kecepatan akses dan fitur-fiturnya.
  2. Login ke Email master, lalu klik icon seting lalu pilih “Setings” Kelola Email - Setings
  3. Klik tab “Account and Import”, pada menu “Send email as:” lalu klik “Add another email address you own” Kelola Email - Account and import
  4. Dalam kotak dialog “Add another email address you own” tulis email yang akan kita kelola, jangan lupa klik “Treat as an alias” lalu klik tombol “Next Step” lalu lakukan klik verifikasi dengan mengklik “Send Verifikation”, Anda akan diminta memasukan kode verifikasi. Buka email yang akan di kelola lalu copy-paste kode konfirmasi yang diberikan google ke kotak dialog “Add another email address you own” lalu klik verify. Kelola Email - Add another email address you own
  5. Kalau verifikasi berhasil, maka pada bagian “Send mail as:” yang ada pada bagian “Setings” akan terdapat email yang akan kita kelola. Dibagian bawah ada tulisan “When replying to a message:” pilih “Reply from the same address the message was sent to” (ini gunanya kalau ada email masuk ke email yang akan kita kelola maka ketika kita mau balas email akan otomatis terkirim dari email yang kita kelola. Jika anda tidak memilihnya, maka ketika kita balas email yang diterima oleh orang lain adalah email master kita)
  6. Kembali ke email yang mau kita kelola, pada bagian “setings” klik tab “Forwarding and POP/IMAP” lalu klik tombol “Add a forwarding address”. Masukan email master lalu klik next. Klik “Process” lalu klik OK. Anda akan diminta memasukan kode verifikasi.Kelola Email - Forwarding and POP-IMAP
  7. Cek email verifikasi di email master. lalu copy-paste di email client pada tab “Forwarding and POP/IMAP” lalu klik “Verify”. Lalu pilih “Forward a copy of incoming mail to”email master, pilih “keep Gmail’s copy in the inbox” jika ada ingin menyimpan email masuk di email client, atau pilih “delete Gmail’s copy” jika anda tidak ingin menyimpan email masuk di email client. (tergantung selera dan kebutuhan)Kelola Email - Forwarding client

Sejauh ini anda sudah sukses melakukan pengelolaan email terhadap email anda yang lain, tapi masih ada beberapa tips lagi jadi langsung simak ke point selanjutnya…

Email yang masuk ke email client akan di teruskan (forwarding) ke email master dan akan anda terima di Inbox. Jika email client yang akan dikelola lebih dari 1 maka anda akan merasa bingung untuk bisa memilah-milahnya karena bisa saja bingung sebenarnya email yang masuk itu email akun yang mana? Sebenarnya anda tidak akan bingun kalau anda membuka email tersebut dan melihat pengirim itu ditujukan ke email akun anda yang mana.

Mengatasi hal diatas, maka anda gunakan pelabelan pada setiap email akun yang masuk, untuk lebih gampangnya yaitu dengan penamaan sesuai email akun yang anda kelola. Langsung aja!

Cara Pelabelan untuk pengelolaan akun email

  1. Masuk ke email master lalu klik roda gigi sebelah kanan atas kemudian klik “Setings”
  2. Di menu “Setings” klik tab “Label”, scrol ke bawah lalu klik “Creat new label” buat nama label berdasarkan email klien (agar mudah mengidentifikasi)Kelola Email - Labels
  3. Masih di menu “Setings”, klik tab “Filters” lalu klik “Create a new filter” di kolom “To” isi dengan email client yang akan kita kelola, misal ayahkaka.web.id@gmail.com lalu klik “Create filter with this search” Kelola Email - Filters
  4. Centang “Skip the Inbox (Archive it)” gunanya email yang di forward akan langsung di masukan ke label dengan melewati inbox email master. Centang juga “Apply the label:” dan pilih label yang akan kita kelola lalu klik “Create Filter”. Kelola Email - Create Filter
  5. SELAMAT! anda sudah mengelola akun email anda yang lain!

Sekarang Anda sudah bisa mengelola email anda yang lain di 1 email, jika anda mempunyai email lebih dari 1, silahkan ulangi langkah dari awal untuk menambah akun email anda yang lain.

Tips!

  1. Jika Anda ingin mengirim email dari email client, Anda tidak usah login ke email client, Anda cukup memilih akun email yang sudah terintegrasi dengan email master. Pada bagian “From” pilih akun email pengirim (default adalah email master) Kelola Email - New Message From
  2. Jangan lupa centang
    When replying to a message:
    Reply from the same address the message was sent to

    di bagian “Setings – Accounts and Import – Send mail as: – When replying to a message:” ini gunanya jika email client Anda menerima email dan ketika anda membalasnya maka secara otomatis dibalas dari email klien tersebut, jika tidak maka ketika anda membalas email akan terkirim dari email master. Kelola Email - When replying to a message

  3. Anda juga bisa menggunakan fasilitas “Signature” yang ada di kolom “Seting – General” untuk masing-masing akun email Anda.

Demikian cara mengelola beberapa akun Email dalam satu akun, Anda bisa menambah akun email entah itu dari yahoo, hotmail bahkan email domain di cPanel pun bisa anda kelola dalam 1 akun. Jika ini bermanfaat, silahkan LIKE n SHARE artikel ini, indahnya berbagi… 🙂

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN