BAGIKAN
Ruangan NOC, Terlihat staff sedang memonitor lalu lintas jaringan.

Baru saja habis mengontak 147 Telkom Speedy guna menanyakan nomor telpon NOC dikarenakan ada keperluan yang berhubungan dengan modem Speedy yang ada di kantor klien saya. Sebenarnya sih ke 147 juga sudah mewakili, cuma dari beberapa pengalaman yang sudah-sudah, pelayanannya saya rasa kurang, dari pengetahuan tentang jaringan dan lain sebagainya mereka kurang menguasai, dan ini juga atas saran dari temen yang berprofesi sebagai teknisi di Telkom Speedy, beliau menyarankan untuk tanya ke NOC nya langsung jika terjadi masalah dengan akses Speedynya.

Ada hal yang menggelitik dihati saya ketika tadi menanyakan nomor NOC Speedy ke operator 147. Telpon saya diterima oleh seorang cowok yang saya lupa lagi namanya. “Malam mas, mau minta nomor NOC nya boleh?” tanya saya ke operator tersebut. “Nomor NOC? NOC itu apa ya?, kalau password saya cuma bisa kasih 3 digit terakhir aja, untuk mengetahui password keseluruhan bapak datang aja ke Plasa Telkom terdekat sambil membawa nomor Speedy bapak” jawab dia.

Ini saya yang bego atau dia sih? memang sih tadi saya nanya nya nomor NOC bukan nomor telepon NOC, tapi sebego-begonya orang yang bekerja di jaringan internet pasti ngerti lah. Setelah saya menjelaskan tentang NOC itu apa (waktu itu saya lupa lagi kepanjangannya NOC itu apa, saya cuma bilang itu Network Operatis System, sebari salah nyebutin) yang suka benerin akses jaringan internet dari jauh itu loh mas…

Gak mau panjang lebar karena jam freelance saya cuma sampai jam 10 malam, yasudah saya mengakhiri obrolan telepon tersebut. Cape ngejelasinnya!

Oke, kita ke pokok pembahasan. Apa sih NOC itu? NOC merupakan kepanjangan dari Network Operation Center. Menurut Bang Wikipedia, pengertian NOC adalah tempatnya para Network Administrator bekerja, mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi yang berada disebuah ruangan yang berisi visualisasi dari jaringan atau jaringan yang sedang dipantau, dimana status rinci jaringan dapat dilihat oleh perangkat lunak.

Lalu, apa tugas dari NOC itu?  Tugas NOC adalah menangani konfigurasi dan perubahan manajemen jaringan, keamanan jaringan, memonitor jaminan kualitas, pelaporan, jadwal dan dokumentasi dengan memanfaatkan kemampuan management jaringan, monitoring dan analysis tools.

NOC juga memberikan kemudahan kepada si user dalam hal ini pelanggan dalam melakukan aktivitas koordinasi operasi provider terkait dengan fungsi jaringan. Biasanya, kegiatan NOC adalah memberikan support selama 24 jam dengan aktivitas sebagai berikut :

  1. Memonitor operasi yang berhubungan dengan backbone dan pendukung jaringan lainnya.
  2. Menjamin bahwa server dan pelayanan bekerja secara terus menerus selama 24 jam.
  3. Memberi jaminan pendukung kualitas layanan jaringan kepada pengguna/pelanggan.
  4. Memperbaiki semua masalah jaringan serta sistem terkait.
  5. Membuka pelacakan dan resolusi dokumentasi permasalahan pada sistem jaringan.

Ruangan NOC merupakan ruangan yang berisi peralatan-peralatan yang sangat vital bagi keberlangsungan sistem jaringan. Di lingkungan provider biasanya ruang NOC memerlukan tingkat pengamanan yang ekstra ketat. Oleh karena itu dibuat akses masuk yang terbatas, dan hanya staff tertentu yang memiliki wewenang.

Ruangan NOC, Terlihat staff sedang memonitor lalu lintas jaringan.
Ruangan NOC, Terlihat staff sedang memonitor lalu lintas jaringan.

Agar NOC dapat berfungsi sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan, maka ruang NOC harus memenuhi beberapa standar operasional, seperti:

  1. Memperhatikan penempatan peralatan dan pengaturan suhu udara sehingga sesuai dengan kebutuhan,
  2. Menempatkan peralatan pemadam kebakaran (APAR),
  3. Pembatasan akses masuk ke ruangan,
  4. Pengunaan raised floor sebagai sirkulasi suhu udara dan jalur kabel.
Mungkin segitu dulu pembahasan mengenai NOC (Network Operation Center), semoga operator 147 Telkom Speedy yang saya telpon tadi membaca tulisan ini dan menjadikannya tau apa itu NOC 🙂

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN