BAGIKAN

Baru saja seorang teman (a.k.a Idham) mengalami dimana hardisk tidak terbaca saat install Windows 7 (No drives were found. Click load driver to provide a mass storage driver for installation) di komputer HP Z420 Workstation miliknya, sudah beberapa kali dia install tapi program berhenti karena hardisk komputernya tidak terdeteksi oleh Windows 7, ada apa gerangan?

Banyak sekali penyebab hardisk tidak terbaca saat install windows baik itu Windows 98, Windows XP, Windows 7 ataupun Windows 8. Mulai dari salah menentukan jenis partisi hardisk, setingan hardisk di bios, sampai dengan masalah di hardisknya itu sendiri, yaitu hardisknya rusak. Jika ternyata hardisk agan baik-baik saja cobalah tips berikut ini.

  1. Hardisk tidak terbaca saat install Windows 98 (WOW jadul banget, emang masih jaman gan?) jujur, saya sendiri sih masih menemukan hal yang seperti ini, dimana klien ingin beralih dari Windows XP ke Windows 98 (aduuuhhh, ketauan banget tuh spek komputernya kaya gimana?) tapi tak apalah, jangan sekali-kali memandang sebelah mata ya gan…! Kondisi seperti ini biasanya soal format file system hardisknya, yaitu NTFS. NTFS (NT File System) tidak akan terbaca oleh Windows 98 (cari tahu sendiri kenapa ya?) solusinya adalah format dahulu hardisk tersebut dengan menggunakan Windows XP dan pilih FAT32 sebagai format file systemnya.
  2. Hardisk tidak terbaca saat install Windows XP atau gagal terus saat install, beberapa indikasinya adalah cd yang agan pake rusak karena adanya goresan atau yang lainnya (lakukan cek pembacaan isi cd di komputer lain), file winlogon atau shell.dll atau ada file yang tidak ditemukan (lakukan partisi ulang hardisk).
  3. Hardisk tidak terbaca saat install Windows 7, beberapa kemungkinan yang terjadi adalah jika agan memakai USB Installer sebagai media installasinya, pastikan agan tidak menyolokkan USB Installer ke USB 3.0 Port, colokkan ke USB 2.0 port saja. Install RAID driver yang sesuai dengan Motherboard agan (opsi). Mengganti setingan SATA ke AHCI di BIOS (silahkan cari-cari sendiri karena letak setingan berbeda-beda pada setiap Motherboard) untuk yang saya alamai di komputer HP Z420 Workstation adalah mengganti setingan RAID/AHCI ke IDE.
  4. Hardisk tidak terbaca saat install Windows 8, untuk di Windows 8 sendiri jarang terjadi masalah, tapi jika menemukan hal yang demikian, silahkan gunakan tips pada windows 7 diatas.

Jika agan menemukan penyebab atau solusi lain dimana hardisk tidak terbaca saat install windows, silahkan sharing dengan mengisi komentar dibawah ini.

NT File System

9 KOMENTAR

  1. Sudah Di Setting Bios Gan, Tapi Tetep Ga Kebaca Saat Install W7. Board LGA 775. Saya Coba Pake HDD Sata Ga Mau, Ganti Ke HDD ATA Juga Ga Mau, Balik Lagi Ke Bios Liat HDD nya Ke Detek Dia,… Kira2 Gimana Ya Gan? Saya Juga Coba Dengan HDD SATA Baru, Hasil Sama. Sudah Setting IDE Ga Mau, AHCI Juga Sama,…. Apa Board Rusak Ya? Tapi Di Bois Kok HDD Kedetek Ya? Bingung Saya Gan,…
    Board Socket 775 , Prosesor Core2Duo 3.0 , RAM DDR2 1GB.
    Trims Gan.

    • Agan install W7 nya pakai DVD Installer atau pakai USB Installer? kalau pakai USB Installer pastikan agan tidak menyolokkan USB Installer ke USB 3.0 Port, colokkan ke USB 2.0 port saja.

      Silahkan pakai Rufus untuk USB Bootablenya, download di https://rufus.akeo.ie/ jangan lupa buat windows ISO nya terlebih dahulu.

      Pastikan booting pertamanya device yang agan pake (USB/DVD Room).

      Semoga membantu.

    • Pakai Flashdisk Bisa Boss…pertama format FlashDisk,nya jadi FAT32 terus Buka dengan WinRar File ISO Windows nya dan Copykan ke dalam Flashdisk…kalau berhasil nanti gambar Flashdisk jadi gambar Installer Windows
      Semoga Berhasil Boss

  2. terimkasih ,ulasan diatas menganai instal windows 7 partisi tdak terbaca ,sekarang sudah terbaca ,trmkaih banyak

TINGGALKAN BALASAN