BAGIKAN

Bu Sarah, temen satu kantor kebingungan manakala stok kop surat di lemarinya habis, mau pesen kop surat takut jadinya lama, sedangkan surat-surat harus segera dia kirimkan ke user yang bersangkutan. Mengatasi hal tersebut, dia berinisiatif untuk menambahkan background kop surat di Ms. Word yang ia ketik. Tapi permasalahn muncul ketika gambar gackground kop surat yang ia sisipkan jadi tidak beraturan. Guna mensiasati hal tersebut, dia tidak memakai gambar background lagi, tapi memakai cara pengaturan gambar yang dia seting “Wrap Text – Behind Text”, namun lagi-lagi masalah muncul ketika tulisannya lebih dari 1 halaman.

Disela-sela kegalauannya tersebut,  muncullah pahlawan bertopeng guna menyembuhkan kegalauannya. Awalnya ane juga kebingungan gan, mencoba cara trik dengan mengkonversi ukuran centimeter A4 ke pixel masih belum bisa juga. Akhirnya ane coba “Save as” ke file lain (PDF) dan melihat properti ukuran file tersebut. Sayang, ukurannya masih inchi, tapi ane tidak patah semangat sampe disitu, ane coba terapkan ukuran inchi tersebut ke pixel (ukuran umum buat gambar). Maka didapatlah ukurannya yaitu 827 x 1169 pixel, namun ukuran tersebut masih belum sempurna, karena untuk header dan footernya masih kepotong.

Setelah bereksperimen ukuran, didapatlah ukuran yang sempurna untuk ukuran gambar background A4 di Ms. Word 2010, yakni ukurannya adalah 800 x 1140 pixel. Nah… buat agan yang lagi nyari kuran background A4 di Ms. Word 2010 ini, bisa menggunakan tips yang ane temukan 🙂 (bukannya sombong, soalnya ane googling gak ketemu-ketemu gan caranya) hehe. Silahkan masukan gambarnya di bagian “Page Layout – Page Color – Fill Effect – Picture – Select Picture – Insert”.

Tips, atur jarak kiri-kanan dengan menyesuaikan tulisan kop surat yang ada, dan yang paling penting adalah ukuran header (top) nya untuk mengatasi lebih dari 1 halaman.

 

4 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN